Lirik Lagu

masuk ke Lirik dan Chord Lagu untuk mencari informasi tentang lirik dan chord lagu-lagu rohani .

Tuesday, February 1, 2011

Sanga-sanga

SANGA-SANGA

Sanga-Sanga, sebuah kota kecamatan di daerah Samarinda yang terletak di ujung anak sungai. Kota di atas kandungan minyak ini bukan saja dihiasi oleh menara-menara pemboran, tapi lebih dari itu terkenal juga sebagai kota perjuangan. Tahun 1947, kaum pejuang berhasil merebut Sanga-Sanga dari kekuasaan NICA.

Sanga-Sanga, cuma sebuah kota kecil. Ia merupakan satu diantara tujuh kecamatan di wilayah Kotamadya Samarinda. Pendudukanya paling sedikit dan bermukim di enam desa. Itulah kota pertama di Kalimantan Timur yang berhasil dibebaskan kaum republik dari kesewenang-wenangan Belanda. Setelah Sanga-Sanga muncul tiga kota lainnya : Balikpapan, Samarinda, Semboja.

Di Sepanjang tepi sungai yang lebarnya sekitar tujuh puluh meter, kita masih bisa melihat menara-menara pemboran. Menara itu berdiri kokoh selama puluhan tahun. Tidak sedikit pohon di sekitar menara itu yang tumbang ditelan ketuaan. Namun menara-menara itu tetap ada disana untuk mengalirkan minyak ke dalam pipa-pipa yang menuju Balikpapan.

Kadang-kadang kita melihat ratusan ekor kera duduk dan bergelantungan di menara itu tanpa merasa ketakutan setiap kali melihat dan mendengar bunyi mesin kapal yang lalu-lalang.

Jika engkau ke kota kecil ini, engkau bisa melihat bangunan yang didirikan sekitar awal abad dua puluh oleh perusahaan minyak BelandaBataafsche Petroleum Maatshappij. Gaya arsitek seluruh bangunan di kota Sanga-Sanga, sama seperti gaya bangunan di kota-kota yang pernah dijadikan pusat pertambangan seperti, Loa Kulu, Balikpapan, Tarakan, dan Semboja

1 comment: