Lirik Lagu

masuk ke Lirik dan Chord Lagu untuk mencari informasi tentang lirik dan chord lagu-lagu rohani .

Saturday, February 12, 2011

Sekilas Sejarah Kal-tim


Sekilas Sejarah Kalimantan Timur

Berikut ini sekilas sejarah mengenai Kalimantan Timur..

Kalimantan Timur sepertinya ditakdirkan menjadi pelopor peradaban di Indonesia. Sejarah membuktikan hal itu karena di wilayah ini ditemukan kerajaan tertua di Indonesia yaitu Kerajaan Mulawarmawan yang terletak di Muara Kaman. Kerajaan ini diperkirakan berdiri pada abad IV Masehi dengan raja yang terkena Mulawarman Nala Dewa . Kekuasaan keturunan Raja Mulawarwan berlanjut hingga raja ke-25 yang bernama Maharaja Derma Setia (Abad XIII M).

Menjelang kekuasaan Dinasti Mulawarman mulai pudar, wilayah Kaltim telah berdiri beberapa Kerajaan. Dimulai dari Kerajaan Kutai Kertanegara di Jaetan Layar (sekarang masuk wilayah Kutai Lama), berdiri juga Kerajaan Gunung Tabur dan Kerajaan Sambaliung (Kabupaten Berau), Kerajaan Tanjung Palas (Kabupaten Bulungan), serta Kerajaan Sandurangas (Kab. Pasir).

Kerajaan-kerajaan tersebut menjalankan pemerintahan di wilayah masing-masing dan sejarah tidak mencatat adanya sengketa serius antara kerajaan tersebut hingga masuknya orang-orang Belanda yang menjajah Kaltim sejak tahun 1844.

Pemerintah Kolonial Belanda membentuk Federasi Kalimantan Timur yang merupakan gabungan empat kerajaan di Kalimantan Timur. Ketika Republik Indonesia berdiri di 17 Agustus 1945, Federasi Kalimantan Timur secara hukum masuk wilayah Republik Indonesia dan rakyat Kaltim juga memilih bergabung dengan RI.

Pada masa perjuangan fisik (1945-1949), rakyat Kaltim turut serta berjuang mempertahankan kemerdekaan RI. Puncak perjuangan terjadi dengan Peristiwa "Sangasanga" (Januari 1947) yang dikenal dengan peristiwa merah putih.

Setelah mengalami masa-masa perubahan sistem pemerintahan, dari bentuk Kerajaan menjadi Daerah Istimewa (1956) dan akhirnya menjadi Provinsi (Januari 1957) yang terdiri dari 4 Kabupaten (Kutai, Berau, Bulungan, Pasir) ditambah 2 Kotapraja (Kotapraja Samarinda, Balikpapan)

No comments:

Post a Comment