Wednesday, February 2, 2011

Sebatik

Pulau Sebatik adalah sebuah pulau di sebelah timur laut Kalimantan.
Sebatik adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Nunukan, Kalimantan Timur, Indonesia. Sebatik merupakan pintu perbatasan antara Sabah (Malaysia) dengan Indonesia.

Pulau ini secara administratif dibagi menjadi dua bagian. Merupakan bagian dari Provinsi Kalimantan Timur, Indonesia. Pulau ini meskipun jauh dari Ibukota propinsi Kalimantan Timur, namun masyarakatnya tetap memiliki jiwa nasionalisme yang kokoh dan tetap menggunakan Bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan dan menggunakan mata uang rupiah seperti pada propinsi yang lain di Indonesia.
(actual_nya ketika gw disana, umum_nya banyak yang menggunakan mata uang RM)

Sebatik adalah salah satu tempat di mana terjadi pertempuran hebat antara pasukan Indonesia dan Malaysia saat terjadinya "Konfrontasi".
Konfrontasi Indonesia-Malaysia atau yang lebih dikenal sebagai Konfrontasi saja adalah sebuah perang mengenai masa depan pulau Kalimantan, antara Malaysia dan Indonesia pada tahun 1962-1966.

Perang ini berawal dari keinginan Malaysia untuk menggabungkan Brunei, Sabah dan Sarawak dengan Persekutuan Tanah Melayu pada tahun 1961. Keinginan itu ditentang oleh Presiden Soekarno yang menganggap Malaysia sebagai "boneka" Britania.

Seperti terlihat pada peta buta, di sebelah barat pulau ini terdapat Pulau Nunukan, sedangkan di seberang utara terdapat Kota Tawau, yang sudah berada di negara bagian Sabah, Malaysia.

No comments:

Post a Comment